23 May 2006

WHO Child Growth Standards

Setelah melalui Multi-centers Growth Referrence Study (MGRS) sejak 1997-2003, WHO telah menyusun Standar Grafik pertumbuhan dan perkembangan bagi anak-anak. Dengan menggunakan 8500 sampel anak-anak dari 6 negara (Brazil, Ghana, India, Norway, Oman and the USA), diharapkan standar yang baru ini lebih mencerminkan rata-rata data dari seluruh dunia.

Penyajian grafik dalam dua bentuk: mesin penghitung dan grafik seperti telah kita kenal selama ini. Disertakan juga manual untuk petunjuk cara pemakain mesin penghitung tersebut. Yang menarik, ada juga menu "National Suvey". Dengan menu ini, kita bisa mencoba juga memetakan data-data di suatu wilayah, sehingga bisa didapatkan semacam "standard" lokal.

Cukup banyak grafik yang disusun WHO, selengkapnya bisa diperoleh di situs WHO. Untuk mempermudah bagi yang memerlukan, saya mencoba memberi jalur lain mendapatkan mesin penghitung dan grafik dimaksud. Silakan diperoleh mesin penghitung dan grafik tersebut:

1. Mesin penghitung (software)
2. Manual
3. Grafik berat badan terhadap umur anak laki-laki 0-5 tahun
4. Grafik berat badan terhadap umur anak perempuan 0-5 tahun
5. Grafik tinggi badan terhadap umur anak laki-laki 0-5 tahun
6. Grafik tinggi badan terhadap umur anak perempuan 0-5 tahun
7. Grafik BMI terhadap umur anak laki-laki 0-5 tahun
8. Grafik BMI terhadap umur anak perempuan 0-5 tahun

Catatan: BMI adalah Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh, menunjukkan perbandingan berat badan terhadap luas permukaan tubuh. Dihitung dengan rumus: berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi kuadrat dari tinggi badan (dalam satuan meter).

Semoga bermanfaat.

1 comment:

Anonymous said...

Salam kenal, Dok... :)
Seneng bisa berkunjung ke sini, selama ini cuma baca tulisannya di milis sehat :).

Kalo setiap dokter ngeblog dan kasih info spt ini, asik banget! Tks ya, Dok...