09 April 2006

Kapan operasi amandel?

"Kapan operasi amandel" sering menjadi pertanyaan. Amandel (tonsil) sebenarnya adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh. Karena posisinya, banyak benda asing yang melaluinya dan bisa menimbulkan infekis. Tonsil berperan seperti "penjaga pintu" yang akan menahan setiap serangan. Karena itu tonsil akan membesar sebagai reaksi pertahanan bila ada infeksi.

Dengan demikian, pada dasarnya pembesaran tonsil adalah reaksi positif. Pada anak yang sehat pun, tonsil bisa membesar. Puncak pembesaran ada usia 9-10 tahun, kemudian perlahan akan menyusut. Karena itu, sebisa mungkin tindakan operasi pengangkatan tonsil dihindari. Lebih baik mencari apa yang sering membuat tonsil membesar.

Tapi memang tonsil bisa membesar dan melekat dengan jaringan sekitarnya, permukaannya menjadi keriput tidak rata, kripte (kerut-kerut di permukaan) tampak melebar, dan dipenuhi dengan detritus (bercak kotoran putih-putih seperti butiran beras). Pada kondisi demikian, infeksi pada tonsil harus diperhatikan dengan serius karena dapat berfungsi sebagai sarang penyebar infeksi berat. Penjalarannya bisa menimbulkan antara lain demam rheumatik yang dapat mengenai persendian dan jantung, nefritis (infeksi pada ginjal), infeksi pada mata atau radang pada selaput otak.

Pembesaran tonsil diukur menurut derajatnya terhadap uvula (jaringan kecil di bagian atas pintu masuk dari mulut ke faring). Semakin besar, akan makin mendekati uvula. Ada yang membagi menjadi 4 skala, ada yang membagi 3 skala.

Untuk menentukan tindakan operasi (tonsillectomy), ada 2 kelompok kriteria. Kriteria yang bersifat absolut (segera dilakukan):
  1. Bila pembesaran sudah menimbulkan obstruksi/hambatan jalan nafas berat, gangguan menelan berat, menimbulkan gangguan tidur (sleep apnea), atau ada komplikasi kardiopulmoner (akibat penyebaran infeksi oleh bakteri streptococcus)
  2. Adanya peritonsiler abses yang tidak bisa diatasi dengan medikamentosa (dengan obat) dan drainage (pengambilan cairan isi absess).
  3. Tonsilitis yang sampai menimbulkan kejang demam, atau carrier difteri (sekarang sudah jarang).
  4. Kondisi tonsil sedemikian rupa yang sampai memerlukan tindakan biopsi untuk penentuan kondisi jaringan menggunakan pemeriksaan patologi.
Sedang kriteria yang bersifat relatif (dipertimbangkan):
  1. Frekuensi serangan infeksi tonsil : 7 kali/tahun; 5 kali/tahun selama 2 tahun; 3 kali/tahun selama 3 tahun.
  2. Adanya bau mulut atau nafas yang terus menerus akibat tonsilitis kronis yang tidak membaik dengan terapi obat
  3. Tonsilitis kronis atau berulang oleh bakteri streptokokus yang sudah resisten terhadap antibiotika beta-laktamase
  4. Adanya pembesaran tonsil satu sisi (unilateral) dengan kecurigaan sifat neoplastik (tumor/keganasan)

Dari dua kelompok tersebut, ada yang bersifat obyektif oleh dokter/pemeriksaan medis (menentukan sifat infeksi tonsil, menilai kondisi jaringan tonsil dari kripte, debris, dll), tapi ada juga yang bersifat subyektif (gangguan pernafasan, gangguan menelan, gangguan tidur). Yang subyektif ini dirasakan sendiri oleh pasiennya, dalam hal ini dinilai oleh orang tuanya.

Ada juga pertimbangan bahwa fungsi tonsil adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh. Bagaimana kalau dioperasi? Suatu penelitian tahun 2003 di International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology membandingkan kelompok dengan tonsilektomi dan tanpa tonsilektomi pada masa anak-anaknya, sampai 20 tahun paska operasi. Hasilnya tidak ada perbedaan signifikan. Tapi memang ini baru 20 tahun, tentu kalau mungkin diteruskan sampai jangka lebih panjang.

Suatu penelitian lain di jurnal yang sama menyebutkan perbedaan profil imunitas pada anak-anak usia 3-15 tahun, antara yang menjalani tonsilektomi dan tidak. Perbedaan didapatkan pada masa 6 bulan pertama paska operasi. Setelah 6 bulan, profil imunitasnya menjadi tidak berbeda.

Ada amandel yang mengecil sendiri setelah bertambah umur?

Suatu penelitian lain, masih di jurnal yang sama, sekelompok anak didiagnosa untuk menjalani tonsilektomi, tetapi diputuskan ditunggu 1 tahun kemudian, untuk sementara hanya observasi dan obat. Dari kelompok tersebut, sekitar 30% diantaranya tidak jadi menjalani operasi karena kondisi tonsilnya membaik. Salah satu alasan pembatalan operasi adalah terjadi resolusi (pengecilan) tonsil yang semula membesar.

Tahun 2004 kemarin, seorang dokter THT di UNS Solo menulis disertasi tentang profil imun akibat tonsilektomi pada anak-anak, dan memang tidak mendapatkan perbedaan antara kelompok yang menjalani tonsilektomi maupun yang tidak. Namun memang ini pun sifatnya baru jangka pendek, belum bisa kalau jangka puluhan tahun ke depan misalnya.

Berikut pendapat saya.

Pada prinsipnya, selalu diusahakan jalan dengan terapi obat, sebelum terpaksa menjalani operasi. Untuk itu ada baiknya diusahakan menunggu sampai memasuki usia sekolah (sekitar 7-12 tahun). Pertimbangannya:

  1. Pada usia balita sering karena virus. Semakin bertambah umur, baru kemungkinan bakteri lebih tinggi. Makin besar, makin bertambah usianya, paparan patogen juga makin banyak karena mobilitasnya juga makin tinggi dan beragam.
  2. Adanya kemungkinan terjadi resolusi (pengecilan) dari tonsil yang sudah membesar.
  3. Pada masa-masa sekolah ini lebih mudah dinilai, apakah adanya pembesaran tersebut menimbulkan gangguan signifikan terhadap kualitas hidup anak : hambatan bernafas, hambatan menelan, mudah mengantuk(karena hipoksia oleh gangguan aliran udara nafas), sering tidak masuk sekolah karena radang tonsil, yang semua itu bisa berpengaruh terhadap prestasi belajarnya.

Bila akhirnya terpaksa menjalani operasi, setelah operasi perlu diperhatikan:

  1. Operasi berlangsung sekitar 30-60 menit dengan anesthesi umum. Setelah operasi di pagi hari, anak biasanya tertidur sampai sore hari.
  2. Segera setelah sadar dan diijinkan, anak sebaiknya mendapat banyak minum dalam 24 jam pertama. Jangan minum yang bersifat asam seperti jus jeruk atau anggur, karena akan menambah perih lukanya. Juga jangan diberi minum berkarbonat.
  3. Kadang anak muntah setelah operasi. Bila hanya 1-2 kali dan berwujud makanan biasa tidak masalah. Bermasalah bila lebih sering atau warnanya coklat tua atau berupa darah. Bawalah ke dokter.
  4. Mulai hari ke 2-3 bisa diberikan makanan lunak seperti jelly, agar-agar, puding, sup hangat atau es krim. Bisa terlihat bercak putih-putih di bekas tempat amandel. Hal ini biasa, seperti juga proses penyembuhan luka di tempat lain.
  5. Masuk hari 4-5 boleh mulai makan biasa, tetapi menghindari makanan yang berwujud kasar agar tidak memancing perdarahan.
  6. Selama 1 minggu paska operasi, anak tidak masuk sekolah untuk menghindari paparan infeksi. Setelah menjalani kontrol ke RS dan dinyakan tidak ada masalah, boleh mulai masuk sekolah lagi.
  7. Mungkin terdengar suara anak berubah pada 1-2 minggu paska operasi. Hal ini terjadi karena ada "ruang baru" di bagian faring. Setelah otot-otot sekitarnya pulih, suaranya akan kembali pulih.

Panduan diet tersebut bersifat umum, biasanya dokter THT akan memberi rincian tersendiri setiap kali menjalani tonsilektomi.

Ada yang bilang "berkumur air garam". Yang terjadi dengan berkumur air garam adalah bersifat membersihkan dan merubah kondisi di permukaan tonsil agar tidak kondusif untuk bakteri. Apakah bisa mengecil? Bila mampu meredakan/menghilangkan infeksinya, perlahan tonsil akan mengecil. Atau memang tingkat infeksi bisa diturunkan, dan tonsil menyusut sesuai pertambahan usia (melewati masa puncak pembesaran tonsil). Tetapi bila memang "gempuran" infeksi juga sering, bisa saja tidak membantu.

Semoga tidak bingung lagi ...

9 comments:

Dani Iswara said...

thanks tulisannya..
bole nge-link ya pak.. :)

Tonang Dwi Ardyanto said...

Silakan Pak, saya malah yang nuwun sewu lancang membuat link ke blog Pak Dani. Saya dapat dari blog dr Lakshmi dan dr Erik. Mohon koreksinya Pak Dani, agar tidak melenceng.

Anonymous said...

pak sy waktu kecil pernah amandel tapi bs sembuh tanpa operasi. tapi setelah pasca amandel tersebut sampai sekarang 22thn sy jd pengantuk berat.ktnya itu krn amndel itu. apa bnr ngantuknya itu krn amadel dan bs dihilangkan dg operasi.thanks ya pak...
sy org solo, bpk prakteknya dmn?

Anonymous said...

Thanks God ketemu artikel ini di saat yg tepat.
Anak saya baru saja saya bawa ke dr SpTHT dan disarankan untuk operasi amandel, makanya malem ini saya sampe ngebyar nyari artikel soal amandel.

Pak dokter, saya kirim pesan ke japri bapak... maaf kalau lancang, karena banyak yg perlu saya tanyakan (sekalian curhat).

Mudah2an ini artikel terakhir yang saya baca dan saya mohon tanggapan/ jawaban Bapak.

Terimakasih

Anonymous said...

dapet juga artikelnya...walaupun sudah setahun dipublish...

pak dokter saya sedari kecil juga kena amandel, waktu dulu pernah disarankan untuk operasi,,, saya tidak mau. akhirnya saya minum suplemen saja yang diberikan mama saya. kira-kira kelas 2 SMP, dokter menyatakan amandel saya sudah kecil (normal) dan tidak mengganggu lagi.

sekarang saya sudah kuliah tingkat 3 di bandung. bulan kemarin terkena demam. lalu periksa ke dokter.
ternyata amandel saya sudah sampai tahap infeksi. saya jadi bingung apakah di usia seperti saya ini masih bisa terkena hal sejenis ya? soalnya yang saya tahu penyakit amandel hanya pada anak kecil saja...

(saya masih kecil kali ya?) T_T

wew. komentar (sekaligus pertanyaannyya) panjang juga ya..

Anonymous said...

Pak .. hari ini saya posting soal operasi amandel di blog saya. Saya pinjam pic-nya ya. Terima kasih.

boaneges said...

Berdasarkan yang saya alami, lebih baik untuk tidak melakukan tndakan operasi amandel, karena seperti kita tau bersama bahwa Tonsil itu cukup berperan penting. Tapi masih banyak orang yang lebih memilih melakukan operasi tersebut. Saya juga ingin bertanya, apakah kira2 antibiotik yang tepat untuk penderita tonsilitis, mudah2an bisa dibantu

Nania said...

bagus info ini, dan blog bapak saya link ke blog saya untuk informasi kesehatan bagi temen2 saya. Informasi Amandel paling dicari.

Kisanak said...

Trims pak Dokter,
Bagaimana dengan cara alami seperti ini?

Cobalah resep dibawah ini; ambil dua buah jeruk nipis, masing-masing dipotong menjadi dua bagian diperas dan ambil airnya kemudian campurkan sedikit kapur sirih aduk sampai rata. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari pagi siang dan malam. Khasiatnya dalam waktu satu sampai dua hari sudah dapat kita rasakan dan kemungkinan amandel kambuh dan membengkak sangat kecil.

diambil dari: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/1827278-menyembuhkan-amandel-yang-membengkak/